Penentuan Kondisi Operasi Elektroplating Krom yang Ramah Lingkungan

  • Sanjaya Putra Perdana Progam Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Jl. Ahmad Yani, Tromol Pos I, Pabelan Kartasura, Surakarta 57102, Jawa Tengah, Indonesia
  • Anton Priambodo
  • Tryas Munarsyah
  • Bagas Winagandi Pustaka
  • Tri Widayanto

Abstract

Elektroplating merupakan proses pelapisan logam dengan menggunakan arus listrik yang bertujuan untuk memperlambat korosi dan memperindah penampilan. Logam pelapis yang digunakan adalah krom dengan jenis dekoratif yang mempunyai lapisan tipis dan menitikberatkan pada tampak rupa namun tetap menambah daya tahan terhadap korosi. Penelitian ini menggunakan spesimen berupa tembaga dengan panjang 2 cm dan lebar 1 cm. Variasi dilakukan pada konsentrasi elektrolit yaitu 5 g/L, 10 g/L dan 15 g/L. Elektrolit yang digunakan adalah Kromium Klorida yang lebih ramah lingkungan. Kondisi operasi elektroplating ditentukan dengan cara percobaan/eksperimen polarisasi dengan mengatur voltase dari 0,1 sampai 3,5 dengan interval voltase 0,1. Arus yang dihasilkan dicatat lalu dibuat kurva polarisasi. Arus yang dipakai untuk elektroplating adalah 80% arus tertinggi (80% limiting current) dan arus tertinggi (limiting current) pada masing-masing konsentrasi. Hasil penelitian diuji menggunakan digital microscope diperoleh hasil pada konsentrasi 5 g/L dan 10 g/L permukaan yang terlapisi krom lebih merata. Sedangkan pada konsentrasi 15 g/L terdapat juga lapisan krom tetapi tidak merata. Dapat disimpulkan bahwa hasil terbaik diperoleh pada konsentrasi 5 g/L dengan arus 18,2 mA yang memiliki lapisan krom lebih merata.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2017-08-22
How to Cite
PERDANA, Sanjaya Putra et al. Penentuan Kondisi Operasi Elektroplating Krom yang Ramah Lingkungan. Jurnal Matematika dan Sains, [S.l.], v. 22, n. 1, p. 5-8, aug. 2017. ISSN 2442-7349. Available at: <https://jms.fmipa.itb.ac.id/index.php/jms/article/view/724>. Date accessed: 23 july 2019.
Section
Article